Rahasia Kekayaan KFC !

Posted: 1 Maret 2009 in Medang mbe maca-maca
Tag:

kfc_zoomDi industri makanan, resep rahasia bak fondasi utama yang mendukung bisnis serta identitas perusahaan yang bersangkutan.

Tak heran jika vendor makanan cepat saji, Kentucky Fried Chicken (KFC), memperlakukan resep rahasia mereka bak berlian. Wah!

Resep ayam goreng yang ditulis tangan oleh Kolonel Harland Sanders itu dipulangkan kembali ke rumahnya di Kentucky, AS, Rabu (11/2). Lima bulan lalu, resep itu disembunyikan sebab KFC sedang meng-upgrade keamanan rahasia perusahaan mereka. Pengembaliannya pun bak berlian termahal di dunia.

Resep itu dikembalikan ke kantor pusat di sebuah tas kopor yang dikunci dengan nomor kombinasi. Tak hanya itu, tangan seorang pegawai diborgol ke kopornya, untuk menjaga keamanan benda berharga itu. Akhirnya, Presiden KFR Roger Eaton sendiri yang memasukkan selembar kertas itu ke dalam brankas baru mereka.

“Mission accomplished. Benar-benar menguras tenaga dan pikiran. Saya tak ingin jadi satu-satunya presiden yang menghilangkan resep itu,” ujarnya sesaat setelah menutup brankas, Rabu (11/2).

Mengapa resep itu bisa sedemikian ketat pengawasannya? Kendati isinya hanya 11 bahan, serta beberapa tambahan rahasia lainnya lengkap dengan cara mengolahnya, benda itu merupakan identitas perusahaan. Kolonel Sanders menulisnya dengan pensil dan membubuhkan tanda tangannya. Hanya dua orang eksekutif yang namanya dirahasiakan berhak membaca resep itu.

Bahkan Eaton saja tak sepenuhnya mengetahui isi resep yang dikenal dengan sebutan Original Recipe itu. Ia mengaku cukup percaya diri mengamankan dan menjaga kerahasiaannya. Berbagai peralatan keamanan melindungi brankas itu, termasuk sensor gerakan dan kamera pemantau.

Beton tebal melindungi brankas itu di kantor mereka. Sejumlah generator pun dipersiapkan jika ada kegagalan sistem keamanan atau ketika aliran listrik terganggu.

Kolonel Sanders menciptakan formula jitu itu pada 1940-an dan menggunakannya untuk membuka gerai pertamanya pada awal 1950-an. Tiga dasawarsa kemudian, sang kolonel yang telah menyaksikan sukses global untuk jerih payahnya itu meninggal dunia. Terhitung pada akhir 2008, KFC memiliki 15.580 gerai di seluruh dunia termasuk 5.252 di AS.

Seperti beberapa perusahaan berbasis di AS lainnya, restoran dengan menu andalan ayam goreng ini mencoba untuk bertahan di tengah gempuran krisis ekonomi. Mereka meluncurkan menu bernilai baru dan ayam panggang ala KFC yang ditujukan bagi konsumen dengan gaya hidup super sehat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s