Berusaha Sehat Meski Merokok!!!

Posted: 1 Maret 2009 in Kesehatan
Tag:

Memang tidak mudah untuk menghilangkan atau menghentikan kebiasaan merokok. Namun, yang lebih susah adalah bagaimana tetap sehat dalam kondisi terpaksa harus merokok.

Berikut saran DR. Dr. Budhi setianto, Sp.JP(K), konselor Klinik Berhenti Merokok Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, agar Anda tetap sehat:

1. Biasakan berolahraga atau memulai program/hobi dengan keluarga/teman-teman yang bukan perokok. Buatlah acara ini secara teratur. Olah raga tidak hanya penting bagi yang ingin hidup sehat, tetapi juga bagi perokok. Luangkan waktu kurang lebih 30 menit sehari untuk memberikan tubuh mendapat oksigen secukupnya. Jangan merokok selama berolahragakarena hal ini akan memupuskan segala manfaatnya.

2. Jangan merokok sambil minum kopi. Meski dipercaya dapat menambah kenikmatan, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kadar CO2 dalam paru-paru. Sebagai ganti, pilih minuman yang dapat menetralisir racun yang dibawa oleh rokok seperti jus buah segar atau susu.

3. Ganti rokok dengan makanan ringan sebagai pencuci mulut.

4. Ganti kebiasaan merokok saat buang air besar dengan membaca buku, komik, koran yang jauh lebih bermanfaat untuk menambah ilmu maupun sekedar sebagai rileksasi.

5. Cobalah berpikir sesaat sebelum menyalakan rokok, tentang bagaimana hidup ini terasa lebih inidah tanapa rokok.

6. Kalau hingga kini Anda terpaksa harus merokok, cobalah untuk memikirkan kehidupan yang sebenarnya jauh lebih baik tanpa merokok. Alasan yang selalu dikemukakan adalah rokok dapat mengurangi kecemasan, meningkatkan konsentrasi, memberi rasa lebih tenang dan lebih rileks. Kenyataannya, efek positif itu hanya terasa sesaat adn selanjutnya timbuk ketergantungan yang akan berdampak luas. Cobalah mencari alternatif seperti mendengarkan musik lewat earphone atau mengunyah permen karet.
Sumber: Klinikpria.com

Komentar
  1. akangckp mengatakan:

    Hmm…
    pembelajaran yang lebih manusiawi.
    Sy sebagai perokok berat hanya mendapat ancaman yang menakutkan saja dari mereka yang melarang merokok.

    Thx yaa atas saran baeknya….

    :•: >> http://akangckp.wordpress.com/

  2. akangckp mengatakan:

    ups…
    gw tambahan dikit yaa…
    kalo mo beli rokok sebaiknya jangan full sebungkus, baeknya kalo bisa sebatang-sebatang, walau lebih murah beli sebungkus, tapi paling tidak kalo mo ngerokok ada jeda karena mesti nyari dulu ato beli dulu ke warung….

    thx

  3. smoker mengatakan:

    gue sih lebih tertarik sama artikel nomor 2, karna emang sulit kalo dah biasa ngerokok, cuma artikelnya tolong ditambahin lagi selain dengan juice atau minum susu coba dong cari makanan atawe suplemen yang bisa menetralisir racun rokok, karena pada dasarnya perokok ‘tidak mau’ merubah kebiasaan buruknya tersebut akibat punya keasikan tersendiri dengan merokok, btw nice info lho……

  4. rezhadf mengatakan:

    karna rorok adalah candu (jangkis) dan cenderung “tidak mau” merubah kebiasaannya karna akn merasa ada yang hilang dalam dirinya salah satu cara yang ampuh selain minum susu n suplemen olahraga cara paling mudah n murah kecuali emamng perokok (orang) malas bergerak karna jantung dan paru2nya yng dah lemas akibat pengaruh buruk asap karna kebiasaan merokoknya……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s