Tarsius, Nettop Pertama di Indonesia

Posted: 27 Februari 2009 in Komputer
Tag:

JAKARTA, RABU – Nettop pertama ke pasar Indonesia diluncurkan di sela-sela Megabazaar Computer 2009 di Jakarta Convention Center, Rabu (25/2). Sekilas bentuknya mirip PC desktop, namun ukurannya lebih mungil, hanya setinggi 30 centimeter.

1593157194-tarsius-nettop-pertama-di-indonesia

“Kami bekerja sama dengan pihak Intel untuk meluncurkan nettop ini,” terang Timothy Sidik, direktur PT Zyrexindo Mandiri Buana. Nettop merupakan kategori baru komputer mini yang dikenalkan Intel ke pasar saat meluncurkan prosesor Intel Atom tahun lalu.

Produk nettop besutan Zyrex dan Intel ini diberi nama Tarsius. Nama tersebut diambil dari nama-nama binatang di Indonesia.

“Pihak kami memang menggunakan nama binatang Indonesia untuk produk kami. Sebelumnya kami mengeluarkan netbook dengan nama Anoa, sekarang kita pakai Tarsius,” ucap Timothy.

Tarsius didukung prosesor Intel Atom N230 1,6 GHz, harddisk 160 GB, memori RAM sebesar 1 GB, grafis dan audio definisi tinggi, serta DVD combo. Produk ini dijual sekitar Rp 3 juta sudah termasuk dengan monitor CRT 15 inci dan keyboard.

“Kami mengincar perseorangan karena kami ingin mewujudkan mimpi satu rumah satu komputer,” ujar Timothy. Hal tersebut memang menjadi mimpi Zyres sejak masuk ke pasar Indonesia.

Untuk saat ini, sasarannya baru pasar lokal di Indonesia meski Timothy enggan menyebutkan berapa besar volume pasar yang ditarget. Namun, ke depannya, ia tidak menutup kemungkinan untuk melirik pasar ekspor.

Nettop dan netbook merupakan dua konsep produk komputer yang dikenalkan Intel saat meluncurkan prosesor Intel Atom tahun lalu. Prosesor ini memang didesain untuk mendukung kedua jenis produk selain konsep lain yang disebutnya MID (mobile intrenet devices). Nettop didesain hanya menjalankan aplikasi dasar dan didesain untuk dijual dengan harga terjangkau.

Chairman Intel Craig R Barrett pernah menunjukkan konsep produk tersebut saat berkujung ke Indonesia dan bertemu Presiden SBY pada tanggal 16 Mei 2008 lalu. Intel memperkenalkan nettop ke negara-negara berkembang termasuk Indonesia tidak hanya bekerja sama dengan vendor global namun juga lokal.

Sumber : kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s