Intel Kucurkan US$ 7 Miliar untuk Teknologi Baru

Posted: 27 Februari 2009 in Komputer

Intel akan mengeluarkan dana US$ 7 miliar dalam kurun waktu dua tahun mendatang untuk membangun sarana-sarana industri mutakhir di Amerika Serikat.

Dikatakan Presiden sekaligus CEO Intel, Paul Otellini, investasi ini digunakan untuk mendanai persiapan teknologi terdepan 32 nanometer (nm) dari Intel untuk memproduksi chip yang lebih cepat, kecil, dan konsumsi energi lebih rendah.

Komitmen ini merupakan investasi terbesar Intel untuk sebuah proses manufaktur baru. “Fasilitas industri ini akan menghasilkan teknologi komputer tercanggih di dunia. Kemampuan pabrik-pabrik 32 nm kami benar-benar luar biasa dan chip yang mereka hasilkan merupakan elemen dasar untuk dunia digital, yang mampu meningkatkan perekonomian jauh melampaui industri ini,” klaim Otellini dalam keterangannya.

Investasi Intel ini akan dilakukan di lokasi pabrik yang sudah ada di Oregon, Arizona dan New Mexico, dengan dukungan sekitar 7.000 pegawai.

Intel, yang mencatat peningkatan penjualan di seluruh kawasan lebih dari 75 persen, memproduksi sekitar 75 persen semikonduktornya di AS. Selain itu sekitar 75 persen dari biaya R&;D dan investasi modal juga ditanamkan di Negeri Paman Sam ini.

Teknologi yang digunakan dalam proses manufaktur Intel ini akan menciptakan rangkaian chip yang panjangnya 32 nm (32 permiliar meter atau sekitar seperjuta inci) atau sama dengan ukuran struktur setingkat atom

Prosesor Intel pertama yang akan dibangun dengan menggunakan teknologi ini berkode ‘Westmere’ dan untuk tahap awal akan digunakan untuk desktop dan sistem mobile mainstream.

‘Westmere’ menggabungkan mikroarsitektur Intel terbaru berkinerja tinggi (Nehalem) dengan kemampuan grafis terintegrasi dalam prosessor.

Hasilnya, pabrikan komputer diklaim akan mampu meningkatkan kinerja dan mempermudah sistem manufaktur dibandingkan dengan sistem yang telah ada saat ini. Pabrik 32 nm yang menonjol dan kemampuan produk memungkinkan Intel untuk mempercepat alur produksi Westmere pada 2009. Produk-produk 32 nm lainnya akan menyusul pada 2010.

Sumber : deticom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s