Forensik Portabel Baca Memori Ponsel yang Terhapus

Posted: 27 Februari 2009 in Komputer
Tag:

portable_forensikcomputerWASHINGTON, KAMIS – Cellebrite USA Corp. meluncurkan Universal Forensic Extraction Device (UFED) kepada publik setelah sembilan bulan sukses digunakan oleh lebih dari 1000 instansi hukum dan keamanan di seluruh dunia. Konon, inilah perangkat pengolah data yang bakal digunakan untuk banyak kebutuhan penyelidikan forensik.

CFED atau Pengolah Data Umum Forensik merupakan portabel canggih yang dapat digunakan untuk mendaur ulang data-data dari perangkat mobile phone seperti nomor kontak, foto atau gambar, video, teks pesan, hingga password yang telah terhapus. Untuk pemindahan data-data dari ponsel tersebut, UFED bisa mengguanakan SD atau USB flash, yang kemudian bisa dibawa ke laboratorium forensik untuk dikaji dan dilakukan verifikasi.

Selain itu, UFED pun menyimpan aplikasi peranti lunak yang disebut dengan a Report Manager. Aplikasi inilah yang akan bisa menyelamatkan, mencetak, dan menganalisis kebutuhan data lengkap di dalam ponsel tersebut.

Menurut Adi Ofrat, CEO Cellebrite USA Corp., teknologi baru ini sangat penting dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan penyelidikan kriminal. Para penyidik, agen-agen hukum dan pemerintahan harus memilikinya untuk menunjang kebutuhan di lapangan dan penelitian laboratorium forensik.

“Melihat perkembangan situasi keamanan lokal dan nasional, hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting diperhatikan karena bisa digunakan untuk menghadapi serangan teroris dan jenis kejahatan lainnya,” tukas Ofrat. Sementara itu, terkait tantangan UE untuk membasmi kejahatan via internet, kepolisian Inggris pun sudah menyiapkan perangkat ini. Mereka menggunakan perangkat ini untuk menyelidiki kasus-kasus perkosaan, perampokan, penyalahgunaan dan penyaluran narkoba di kalangan anak. Mislanya memeriksa ponsel tersangka mungkin sempat menyimpan foto-foto korban anak-anak tak berdosa yang menjadi target.

Sumber : Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s