Diam-diam, Bill Gates Borong Saham Kodak

Posted: 27 Februari 2009 in Medang mbe maca-maca
Tag:

NEW YORK, RABU – Bebas dari pekerjaan rutin di Microsoft, Bill Gates kelihatannya melirik bisnis fotografi. Diam-diam pendiri Microsoft itu menambah kepemilikan saham di Kodak, perusahaan kamera yang berdiri sejak tahun 1880.

1830847047-diam-diam-bill-gates-borong-saham-kodak

Pendiri sekaligus pemimpin Microsoft Corp itu sedang memperkuat posisinya di Eastman Kodak Co. Selasa pekan lalu, melalui perwakilan mereka di Rochester, New York, Kodak mengumumkan, bahwa Cascade Investment LLC, yang dimiliki oleh Gates, membeli sebanyak 7,95 miliar bagian saham di Kodak.

Hal itu otomatis meningkatkan cengkeraman Gates di perusahaan tersebut hingga 5,2 persen. Mengacu data Bloomberg, investasi tersebut akan menjadikan Gates sebagai pemegang saham terbesar keempat di Kodak hingga 31 Desember mendatang.

Langkah Gates patut disorot karena perusahaan pionir di industri kamera tersebut, kehilangan sebanyak 4,5 miliar di harga pasar tahun lalu saat mengubah haluan bisnisnya ke fotografi digital. Kodak, perusahaan yang didirikan sejak 1880 silam itu, memperhitungkan penjualan dan servis kamera digital untuk menggantikan lenyapnya bisnis film. Namun, selama tiga tahun pendapatan mereka terus merosot.

Untuk itu, perusahaan berharap hanya menghabiskan 400 juta dolar juta untuk operasional mereka selanjutnya di 2009. Bahkan, saat penjualan dan keuntungan menjauh, perusahaan tidak berencana mengejar keuntungan dan penjualan.

Dalam satu kesempatan wawancara, Direktur Pelaksana Eksekutif Kodak, Antonio Perez, mengatakan, Kodak lebih memilih mengamankan rekanan atau bermacam kesepakatan lisensi mereka tahun ini. Hal itu sekurangnya berlaku untuk membantu keuangan mereka. Tercatat, tahun lalu, saham Kodak bahkan terjun bebas hingga 70 persen.

Sumber : Detikom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s