Serat dan Cara meningkatkan Konsumsi Serat Pada Diet!

Posted: 24 Februari 2009 in Kesehatan
Tag:

Mengapa kita memerlukan makanan berserat dalam diet?. Serat makanan telah menunjukkan keuntungan-keuntungan yang banyak terhadap kesehatan. Makanan yang tinggi serat dapat membantu dalam pengobatan konstipasi, hemoroid, diverticulitis atau peradangan (inflamasi) dari lambung pada saluran pencernaan dan iritasi pada usus besar. Pengaturan diet serat juga dapat membantu menurunkan kolesterol, dan mengurangi resiko anda untuk terserang penyakit jantung, diabetes serta kanker tipe tertentu.

Memakan makanan yang kaya akan serat juga membantu di dalam proses pencernaan, membantu absorpsi atau penyerapan makanan dan anda akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama yang akan membantu anda untuk tidak makan terlalu banyak yang bisa berakibat pada kelebihan berat badan atau overweight dan obesitas.

Kebutuhan tubuh akan serat dan sumber serat dalam diet?

Merupakan satu rekomendasi bagi kita bersama bahwa, kebutuhan serat pada seseorang pria (laki-laki) dengan umur 50 tahun atau lebih muda direkomendasikan untuk mengkonsumsi sedikitnya 38 gram serat per hari. Sementara itu bagi wanita dengan usia 50 tahun atau lebih muda sebaiknya mengkonsumsi sedikitnya 25 gram serat tiap harinya.

Cobalah hal-hal dibawah ini untuk meningkatkan makanan berserat dalam diet anda!

Makanlah sedikitnya 2 mangkok buah-buahan dan 2.5 mangkok sayur-sayuran tiap hari. Buah-buahan dan sayuran yang tinggi serat diantaranya:

* Kacang-kacangan seperti kacang hijau (9.5 grams), kacang merah (8.2 grams), pinto(7.7 grams), kacang hitam(7.5 gram), lima (6.6 grams) dan golongan kacang-kacngan lainnya.
* Artichoke atau tumbuh-tumbuhan yang bunganya dimakan untuk sayur seperti tumbuhan turi (6.5 grams)
* Kentang manis (4.8 grams)
* Buah per (4.4 grams)
* Kacang polong hijau (4.4 grams)
* Buah frambus (4.0 grams) dan blackberry (3.8 grams)
* Buah prem yang dikeringkan (3.8 grams)
* Buah ara (3.6 grams)
* Sayur Bayam (3.5 grams)
* Buah apel (3.3 grams
* Buah jeruk (3.1 grams)

Ganti roti putih yang disuling dengan biji-bijian gandum yang masih utuh dan tepung dari biji-bijian. Makanalah beras merah sebagai ganti dari beras putih. Makanlah lebih banyak makanan berikut ini:

* Kue yang terbuat dari kulit padi(dedak)
* Makanan dari gandum seperti bubur gamdum
* Kulit padi (dedak) atau biji-bijian gandum yang dimasak atau dikeringkan.
* Nasi merah (beras merah)
* Popcorn atau brondong jagung
* Roti tepung terigu murni 100%

Pada saat anda memakan makanan yang anda beli dari warung atau toko, periksalah informasi tentang jumlah kandungan nutrisi yang ada pada label terutama kandungan seratnya dari masing-masing produk yang anda beli. Pilihlah produk makanan yang kandungan seratnya 5 gram untuk tiap porsinya.

Tambahkan seperempat mangkok dedak gandum yang sudah digiling ke dalam makanan seperti gandum yang dimasak.

Makanlah kacang-kacangan tiap minggu

Mulailah dengan pelan-pelan.
Saat anda pertama kali menambahkan serat pada diet anda mungkin terkesan bengkak, buang gas, merasa terpaksa. Tapi anda dapat mencegahnya dengan membuat perubahan-perubahan lebih kecil dalam diet anda selama suatu periode waktu.

Mulailah dengan satu dari perubahan-perubahan seperti dalam daftar ditas (perubahan diet makan anda), kemudian tunggulah beberapa hari sampai satu minggu sebelum membuat perubahan yang lain. Jika satu perubahan keliatannya tidak bekerja untuk anda, cobalah lakukan perubahan diet lain yang berbeda

Pastikan untuk minum lebih banyak cairan saat anda meningkatkan konsumsi jumlah serat yang anda minum. Cairan akan membantu tubuh dalam pencernaan serat. Cobalah untuk minum 8 gelas air dari minuman berkalori rendah atau tanpa mengandung kalori, seperti air, teh tanpa gula.

Sumber : Sehat-info
Post : Rezha df

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s