cara mengetes kecepatan akses internet komputer

Posted: 12 Februari 2009 in internet, software
Tag:

Pasti jengkel dan marah-marah apabila koneksi internet lelet pada saat ada job atau pekerjaan yang menuntut untuk terkoneksi dengan internet. Pastinya ingin memaki-maki ISP (Internet Service Provider) Anda dan ingin segera memutuskan dan menggantinya yang lain. Namun sebelum berpindah ke ISP lain, ada baiknya kita cek kecepatan internet dengan Speedtest.net tersebut terlebih dahulu. Jika memang rata-rata kecepatannya sangat tidak bisa ditolerir ya tunggu apalagi untuk segera mengganti ISP Anda.

Berbicara masalah kecepatan internet adalah tergantung dari lalu lintas data yang ada, semakin padat lalu lintas-nya maka kecepatan internetnya semakin lambat dan sebaliknya. Jika boleh dianalogikan, seperti lalu lintas jalan raya, semakin banyak yang memakai jalan tersebut maka kecepatan kendaraan akan semakin lambat. Jalan raya adalah lalu lintas datanya, sedangkan mobil adalah para pemakai internet yang sedang aktif menggunakannya.

Banyak yang rancu dengan kecepatan internet maksimal yang ditawarkan oleh ISP-ISP dan menganggap mereka akan mendapatkan kecepatan seperti yang ditawarkan tersebut. Jika demikian anggapanya maka mereka akan kecewa setelah melakukan pendaftaran ke ISP tersebut karena kecepatan yang ditawarkan tersebut akan dishare dengan pemakai internet yang lain. Semakin banyak pemakai yang aktif maka semakin lemotlah kecepatan internet yang Anda dapatkan.

Untuk mengetahui kecepatan internet yang Anda gunakan, Anda dapat menggunakan layanan gratis dari http://www.speedtest.net/. Anda dapat mengetest untuk beberapa kali di waktu yang berbeda, siang dan malam hari, karena pada waktu-waktu tersebut mempunyai jumlah pengguna internet yang berbeda-beda. Sangat tidak fair dan tidak adil jika untuk mengetest kecepatan internet hanya pada waktu siang saja di mana biasanya jumlah pengguna sangat banyak atau sebaliknya pada malam hari saja di mana biasanya jumlah pengguna lebih sedikit.

Untuk melakukan pengetesan, silakan Anda masuk ke situs http://www.speedtest.net/ hingga Anda akan mendapati halaman seperti di bawah ini.

speedtest

Kemudian pilih kota dengan mengklik pyramid, pyramid warna kuning adalah server yang direkomendasikan. Tunggu beberapa saat, speedtest.net akan melakukan test baik kecepatan download maupun kecepatan upload.

Coba Anda test beberapa kali untuk waktu-waktu yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang sesungguhnya. Contoh hasilnya, seperti di bawah ini.

speedtest_01

Ada juga software versi lainnya klik in the here

Komentar
  1. ZAiwa mengatakan:

    hahahah sORy bOZ kurAnG lEnGkAP………………………………………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s